Search This Blog

Tuesday, November 1, 2016

Soto Ceker Lamongan



Awalnya ga ada niat sedikitpun buat nyari-nyari di Mbah Google resep Soto Lamongan. Tapi sejak si Pak Suami saban Sabtu ngajak makan Soto Ayam Lamongan di warung langganan (jadi langganan karena setiap libur Sabtu-sabtu mesti ngajak makan disana mulu..grrrrrr), akhirnya aku jadi tergerak hatinya #jiaahh, tergerak. Hahaha. Udah kayak mau nyumbang sesuatu tergerak hatinya# buat searching n praktek bikin Soto Lamongan.

Searching searching searching, akhirnya sampelah aku di blognya Mba Isna. Pas baca-baca, langsung tertarik,,daaan mulailah aku eksekusi nguprek di dapur. Secara praktek sih, resep ini termasuk resep simple, menurutku. Yang bikin aga ribet itu nyiapin perintilan model-model bakwan jagung, keripik kentang, gorengin kerupuk udang, sama bikin Koyah.

Tapi sebagai istri yang baik hati dan tidak sombong serta berdedikasi tinggi sama keluarga, apa sih yang ga dilakuin? (Hahaha. Pencitraan banget! Padahal mah, rela ribet-ribet gitu karna Sotonya udah ada yang pesen buat menu Catering Lauk hahaha)

Review resep sih, menurutku Sotonya enak, seger gitu, khas Soto Ayam yang dimasak bening biasa. Yang bikin khas, bubuk koyahnya itu loch... Cocok banget deh, maem Soto Ayam di cuaca yang mulai masuk musim penghujan gini. Langsung aja chek n eksekusi resepnya yaaa J

Bahan :
½ kg Ayam, atau 1 ekor Ayam (suka-suka ya, tergantung kebutuhan di rumah). Tambahkan ceker kalau suka
1,5 Liter air
3 tangkai seledri, simpulkan
3 batang daun bawang, iris kasar
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk, buang tulangnya
2 batang serai, geprek
Lengkuas secukupnya, geprek
3 sdt garam
1 sdt gula pasir
Kaldu bubuk (optional)
2 sdm minyak sayur untuk menumis

Bumbu halus :
Blender 6 btr bawang merah + 5 btr baang putih + 5 cm kunyit + satu ruas Jahe + Merica ½ sdt + 4 butih Kemiri

Pelengkap :
Soun, seduh dengan air panas dan tiriskan.
Kol diiris-iris
Telur rebus
Keripik kentang
Seledri / daun bawang, iris halus
Bawang goreng
Irisan jeruk nipis
Kerupuk udang
Sambal (kalo andalan aku biasanya, cabe rawit, blender dengan air matang, lalu guyur dengan kuah soto 1 sendok sayur)
Bubuk Koya (Dibuat dari 5 siung bawang putih yang diiris tipis, lalu digoreng dan 40 gr kerupuk udang yang digoreng juga. Tumbuh kedua bahan tadi sampai halus, lalu aduk rata)

Cara Membuat :
Potong ayam dan Ceker sesuai selera, lalu masukkan ke air mendidih. Masukkan juga lengkuas, seledri, dan daun salam. Masak ayam hingga empuk, matikan kompor, lalu tiriskan. Ayamnya bisa digoreng lalu disuir-suir ya. Kalo aku, lebih prefer ayamnya ga digoreng, jadi masih lembut, kayak lagi makan sop ayam.

Setelah itu, panaskan minyak di wajan, tumis bumbu halus, daun jeruk dan sereh sampai harum. Masukkan bumbu yang sudah ditumis tadi ke dalam air rebusan ayam, masak lagi hingga mendidih. Tambahkan bumbu dasar seperti Gula Garam Merica dan kaldu bubuk (optional. Tapi tanpa kaldu bubuk juga kuah ayamnya sudah gurih kog). Masukkan daun bawang dan seledri, tes rasa, icip, angkat deh.

Setelah semua matang, tinggal tata dalam mangkuk, mulai dari soun, kol, ayam, irisan telur rebus. Siram dengan kuah panas, tabur denan 1 sdt bubuk Koyah, keripik kentang, bakwan jagung, bawang goreng, dan irisan daun bawang / seledri.



Dimakan panas-panas dengan tambahan cabe yang banyak, ditambah perasan air jeruk nipis, aduk-aduk, dan kriuukkkkkk gigit Kerupuk Udangnya, cemplungin bakwan jagungnya. Hm,,,Soto Ayam Lamongan bapak-bapak langganan kalah, deh. Hahaha. Narsis.

Monggo dicoba resepnya...:)

Pamulang, 2 November 2016, Ngetik sambil begerah-gerah ria bareng Duo K (Kaleela-Khansa) karena di rumah lagi kena pemadaman listrik bergilir (Harree geneee,,masih ada ajah lisstrik mati, hahaha)

NB : Mohon jangan salah fokus yaa. ini postingan tentang resep Soto Lamongan bukan resep Cheese Cake in Cup :D Tapi emang ga bisa dipungkiri kalo abis maem Soto Lamongan ditampol sama Cheese Cake in Cup sebagai dessert rasanya ajibbb. hahaha

  




No comments:

Post a Comment