Search This Blog

Monday, November 21, 2016

Otak-otak Bakar Ikan Tengiri


Pernah beli cemilan ini, dan sering ngerasa ga puas dengan porsinya yang imut? Hahaha. Berarti kita sama, Moms. Aku, yang asli Pangkalpinang, Kepulauan Bangka, tentu udah ga asing sama makanan khas yang satu ini. Tiap mudik ke Kampung Halaman Tercinta, mesti nyempetin buat beli. Ga pernah engga, deh, rasanya. Dan, tiap beli, ujung-ujungnya mesti aga kecewa karna cemilan yang terbuat dari Ikan Tengiri ini rasanya cepet banget abisnya.

Hahaha. Maruk apa doyan?

Kalo Moms pernah liburan ke Pangkalpinang, terus pernah beli makanan yang satu ini, mesti tau, deh, seberapa ukuran Otak-otak yang dijual dengan harga 2000 rupiah disana. Ukurannya? Ga lebih dari sejempol. Gede daun pisangnya doang. Enak, sih. Tapi ya itu tadi. Beli 150 ribu dapetnya sekitar 75 biji dan ludesnya ga lebih dari ½ jam. Hahaha. Dahsyat, emang. (Ini yang dahsyat, rasa Otak-otaknya, ato kadar tingkat kerakusan yang makan? Hahaha).

Yah, pokoknya gitu deh. Sering ngerasa ga puas, kalo beli. Makanya begitu dapet resep dari Tabloid Saji, wuah, ga bisa dibilang gimana senengnya aku. Haha. Lebai, emang. Tapi, beneran deh. Rasanya seolah dendam terbalaskan. Mendingan bikin kemana-mana deh. Maemnya lebih puas. Emang sih, beda saus cocolan. Kalo di Bangka, saus cocolannya itu Cuka Tauco dan rasanya khas banget. #ngetiksambilngiler.

Kalo yang aku bikin ini, kuah cocolannya dari Saus Kacang. Tapi ga jauh beda lah ya, rasa endesnya. Apalagi maemnya pas anget-anget. Beuh,,,hmm. Lagian, kan, yang biasa dijual di Jakarta pakenya saus kacang, yak. Kadang yang di resto-resto itu malah ga pake saus lagi, maemnya. Mending bikin deh. Hahaha. Racun. Ga panjang lebar lagi deh Moms. Langsung check resepnya ya. J

Bahan :
200 gr Ikan Tengiri, dinginkan, haluskan
1 ½ sdt gara
¼ sdt penyedap rasa
1 sdm gula pasir
2 bawang merah
2 bawang putih
1 putih telur
150 ml Santan kelapa
50 gr tepung hunkwe
25 gr tepung sagu
1 batang daun bawang, diiris tipis
Daun pisang untuk membungks
Lidi / steples

Bahan Saus Kacang :
200 gr Kacang Tanah kulit, digoreng
1 sdt ebi diseduh, disangrai, lalu dihaluskan
1 cabe rawit merah, digoreng
2 cabe keriting, digoreng
1 ¼ sdt garam
50 gr Gula Merah
50 gr Gula Pasir
250 ml Air Panas

Cara Membuat :
Aduk rata ikan tengiri, garam, penyeda rasa, gula pasir, bawang putih, dan bawang merah. Uleni sambil dibanting-banting hingga tercampur rata.
Tambah putih telur, uleni lagi hingga rata.
Tuang santan, aduk sampai kalis, lalu masukkan tepung hunkwe, tepung sagu, dan daun bawang. Aduk rata lagi.

Penyelesaian :
Ambil daun pisang yang telah dipotong kotak dan dilap bersih, sedokkan sekitar 2 sendok makan adonan ikan tengiri, pipihkan, lalu steples atau sematkan dengan lidi.


Setelah itu, panggang diatas teflon atau panci happy call. Bisa menggunakan keduanya, ya Moms. Aku udah pernah nyoba, dan hasilnya ga beda jauh. Panggang dengan api kecil, sambil dibolak balik hingga harum dan matang.


Cara membuat Saus Kacang :
Sembari menunggu otak-otak dibakar di atas teflon, kita bisa ‘nyambi’ bikin kuah kacangnya nih Moms. Dari pada bengong, ya ga? Haluskan atau blender kacang tanah, cabe, gula pasir, dan gula merah. Tambahkan air panas, aduk rata. Jadi, dehhh.

Sajikan Otak-otak dengan sausnya. Yummy.

Dijamin lebih puas Moms, maemnya dibanding beli. Hahaha. Yaiyalah, ya. Sebanding dengan kerja keras pas bikinnya. J Buat yang domisili di Pangkalpinang, ga perlu lagi beli Otak-otak di Ako-ako yang ada di Pasar ato jauh-jauh ke Belinyu buat sekedar nikmatin Otak-otak bakar. Bikin sendiri lebih endeessss. Happy Cooking...


Pamulang, 22 November 2016. Iseng-iseng ngeblog habis masak cateringan lauk. Abaikan cucian piring. Hahaha.

No comments:

Post a Comment