Search This Blog

Tuesday, November 8, 2016

Opor Ayam



Menu masakan khas Indonesia yang satu ini merupakan kesukaan orang-orang di rumah. Si Kakak, kalo udah maem pake Opor Ayam, bisa nambah sampe dua piring. Mungkin karena rasanya yang gurih sama tekstur ayamnya yang lembut kali ya, bikin anak-anak suka. Jadi kalo bingung mau masak apa, biasanya Opor Ayam langsung jadi menu yang terpikir di kepala.

Resep ini sendiri aku dapet dari website NCC. Selain blog Catatan Nina, sebagian besar resep yang aku praktekin di dapur, ya aku dapet dari website ini. Hahaha. Mungkin Moms ada yang bertanya-tanya, kog, sebagian resep didapetnya dari web orang lain sih? Hahaha. Yah, bukan apa-apa sih, aku itu tipe yang males gagal.

Begitu praktek pengennya yang pasti-pasti ajah. Aku bahkan ga segan baca / scroll web orang sampe bawah, untuk lihat komen-komen atau testimoni dari pembaca yang udah duluan coba. Aku bakalan liat, penyebab orang-orang gagal dimana, dan sebagenya. Soalnya kalo masak gagal itu, rasanya bikin males. Hahaha. Mau dibuang sayang, mau dimakan juga ga nafsu. Betuul, ga Moms? Buahahahhahah.

Oke back to receipe, bisa dilihat disini ya Moms, bahan-bahan dan cara bikinnya. Kayak biasa, prakteknya mudah kok. Dan rasanya udah pasti enak. J

Bahan :
1 ekor ayam atau sesuai kebutuhan
1 buah jeruk nipir
1 ltr air
400 ml santan

Bumbu yang dihaluskan :
2 ruas jahe
2 ruas lengkuas
2 ruas kunyit
1 sdt lada
2 sdm ketumbar
3 btr kemiri
10 bawang merah
5 bawang putih
Garam

Bumbu rempah :
2 batang sereh geprek
2 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk

Cara membuat :
Lumuri ayam dengan air jeruk nipis, sisihkan. Rebus air hingga mendidih, masukkan ayam, biarkan hingga ayam matang. Setelah itu masukkan bumbu rempah. Sementara itu, panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukkan ke dalam panci berisi ayam rebus. Aduk rata. Tuang santan kental, aduk dan didihkan.

Tes rasa, bisa diicip enak, angkat, sajikan dengan bawang goreng, dan kerupuk / ketupat/lontong. Review resep, menurut aku, opor ayamnya bakalan tambah enak kalo dimaem sama ketupat / lontong. Dan, kebiasaan aku, habis beli ayam di pasar, pasti mampir di warung ketupat sayur atau lontong padang, buat beli ketupat/lontong. Hahaha. Praktis, kan? Ga usah nunggu lebaran kalo cuman buat maem Opor Ayam sama ketupat, mah. #Emak2Males #Kaboooorr




Pamulang, 9 November 2016, ngetik ditemenin hujan sama geludug. Hahaha.

No comments:

Post a Comment