Search This Blog

Wednesday, November 9, 2016

Risoles Coklat


Rasa risoles gurih, mah, udah biasa. Kali ini aku bakalan share resep risoles yang rasanya manis. Iya, manis. Ada yang rasa Coklat, sama Klappertart. Mungkin Moms bakalan bertanya-tanya, risoles rasanya manis, ga malah jadi aneh, tuh? Hm, menurut aku, engga tuh. Malahan enaks. waktu digigit, kres kres gitu. dan isian coklatnya itu loch, melted banget...... udah gitu Moms, bikinnya gampang banget, lagi. Tinggal pake bahan yang udah tersedia di rumah.

Kali ini resepnya dari aku sendiri ya. hahaha. Hasil dari percobaan berkali-kali. #Batin Moms yang baca “Gitu ajah, banggah!” #SembariNyinyir. Hahaha. Oh iya, aku biasanya membuat kulit dadaran dengan teflon maxim ukuran 18. Menurutku ukuran ini pas, karena membuat kulit risol nantinya ga terlalu tebal. Jadi isinya lebih berasa.

Paling kurang suka kalo maem risoles, kulitnya tuh tebel banget, trus isiannya sedikit. Jadi kurang berasa ajah. Makanya jarang bikin kulit dadaran yang tebel. Kalo ga siap ngasih isian risoles banyak, buatlah kulit dadaran yang ukurannya ga terlalu besar yak Moms. :D



Bahan Kulit Risoles :
300 gr terigu
1 btr telur
2 sdm gula pasir
600 ml air
60 gr margarin, lelehkan

Cara membuat :
Campur Gula Pasir, Telur, dan Terigu, aduk rata. Ruang air, aduk rata dengan whisk, lalu tuang margarine cair, aduk rata kembali. Pastikan semua adonan sudah tercampur rata.

Setelah adonan siap, buat kulit dengan menggunakan teflon. Caranya, panaskan teflon di kompor dengan api kecil, lalu tuang satu sendok sayur adonan dan putar teflon hingga adonan merata di seluruh bagian teflon. Jika dirasa kulit risoles sudah kuning kecoklatan, angkat dan balikkan di tempat datar / loyang tipis.

Bahan Isian dan Taburan :
Dark Cooking Coklat (aku biasa pakai merk Colatta atau Mercolade. Kedua merk coklat ini udah cocok banget di lidahku. Ga terlalu pahit dan ga nempel di langit-langit mulut)
Untuk taburan, aku biasa menggunakan susu bubuk coklat merk Milo dicampur dengan Gula pasir. Aduk rata.

Penyelesaian :
Ambil selembar kulit risoles, letakkan DCC yang sudah dipotong kecil-kecil di bagian ujung, lalu lipat seperti melipat amplop. Balur dengan telor yang sudah dikocok, dan gulirkan di tepung panir. Siap goreng, deh. Setelah digoreng, taburkan dengan Milo bubuk, tinggal nikmati bareng keluarga.

Gimana, mudah kan. Cocok banget deh, buat kudapan sore, atau buat bekal anak-anak ke sekolah. Selain bikinnnya gampang, risoles yang suadh digulirkan ke tepung panir bisa disimpan di kulkas, dan digoreng besoknya. Punya stock cemilan, deh. Praktis, kan Moms? Yuks, dicoba yaa.



Pamulang, 9 November 2016. Ngetik sambil mengantug ria. Hoahahammmm.



2 comments: