Search This Blog

Wednesday, December 7, 2016

Hobi yang Dibayar -Happy Tummy, Happy Family-

Seseorang pernah berkata, kalau, “Pekerjaan paling menyenangkan di Dunia adalah hobi yang dibayar,”. Iya, ga ada pekerjaan yang paling nyenengin di dunia selain hobi yang dibayar. Gimana engga, kita bisa ngerjain segala sesuatu yang kita sukai, yang jadi passion kita dalam hidup, dan dibayar. Mungkin terdengar terlalu muluk dan sempurna. Tapi, kenapa ga mungkin terjadi?

Punya hobi nulis sejak masih SD (walaupun waktu itu cuma nulis Diary), mengantarkan aku jadi seorang reporter di sebuah Harian Nasional di Jakarta. Padahal, waktu itu aku kuliah di kota Yogyakarta dan ga pernah punya mimpi sama sekali untuk bisa kerja di Ibukota. Lewat hobi yang kemudian jadi pekerjaan tadi, aku bisa ketemu banyak orang ‘besar’ dan terkenal, serta pergi ke tempat-tempat yang ga pernah aku bayangin selama hidup.

Enak kan?

Tentu saja enak. Hehe. Paling gak, aku udah pernah ngerasain melakukan hobi yang kemudian dibayar. Hobi nulis tersalurkan, penghasilan pun ga ketinggalan. Tapi hal sempurna tadi ga berlangsung lama. Hahaha. Setelah menikah dan punya anak, aku pun dilanda ‘kegalauan’ Emak-emak seantero jagad. Aku dihadapkan pada dua pilihan, antara menjadi Full Time Mom dan fokus ngurusin anak-anak, atau tetap berkarir seperti sebelumnya.

Think. Think. Think. Dan kemudian,,, Eureka! Aku pun punya ide untuk kembali dapetin penghasilan lewat hobi. Hobi yang sebenernya ga kalah aku suka, setelah menulis. Hobi yang sempat terabaikan, karena dulu waktu jadi mahasiswa dan kemudian pekerja kantoran, aku ga punya banyak kesempatan untuk melakukannnya.

Terus, hobi apaan, tuh?

Hobi yang aku maksud adalah, hobi masak, hobi bikin kue, dan hobi nyobain banyak resep baru. Hahaha. Sekilas, terlihat kurang keren, memang. Apalagi jika dibandingkan dengan hobi yang dulu. Tapi, kalau sekiranya menghasilkan, kenapa engga? Setelah berpikir panjang lebar, aku pun mulai merintis usaha di bidang ini dan mulai buka orderan melalui tetangga di komplek tempat aku tinggal. Lumayan juga ternyata, hasilnya. Penghasilan dapat, hobi masak pun tersalurkan.




Udah sibuk masak, hobi nulisnya terlupakan, dong? Oh, tentu tidak. Hahaha. Lewat kalkulasi Hobi Nulis + Hobi Masak, muncullah blog ini. Cucok, kan, ? Dua-duanya sama-sama jalan, deh. Awalnya sih, ga kepikiran buat punya blog. Tapi beberapa temen yang sering beli jajanan kadang suka nanya, resep apa yang dipakai. Biasanya sih, dengan awalan “Kue / Masakannya enak deh. Anak-anak sama Papanya suka. Boleh minta resep, ga? Kalo ga rahasia Perusahaan, sih.”



Hahaha. Tentu aja ga rahasia. Meskipun jualan, aku pikir, aku ga perlu ngerahasiain resep yang sering aku pakai. Toh, aku juga dapet resep dari banyak sumber, mulai dari blogwalking di internet, baca majalah, tabloid, buku resep, sampai ‘nyontek’ resep dari balik kemasan terigu atau margarine. Hah? Beneran, dari kemasan margarine? Iya. Apa salahnya, coba? Thoh, ilmu itu kan bisa didapet dari mana aja.

See, kan? Aku aja dapet resep dari mana-mana. Jadi kenapa harus sombong dan pelit sama resep yang sering aku pake. Aku sih, mikirnya, malah seneng, masakan atau kue yang aku buat bisa jadi inspirasi bagi temen-temen buat eksekusi sendiri di dapur mereka. Seneng, karena bisa jadi inspirasi buat nyenengin keluarga mereka. Karena kayak yang sering kita denger, Happy Tummy, Happy Family, right?

Lagipula, kan, kadang walaupun udah tau resepnya, masih banyak temen-temen yang lebih suka order ke aku untuk dibuatkan kue / masakan favorit mereka, ketimbang bikin sendiri, dengan berbagai alasan. Kalo kata orang bijak, sih “Rejeki ga bakal kemana, asal terus usaha dan doa,” hehehe.

Belanja dalam Satu Klik

Ngomongin soal alasan untuk ga eksekusi resep di dapur sendiri, ada beberapa nih, yang sering aku denger. Kebanyakan temen males turun ke dapur untuk bikin kue itu, selain karena emang ga suka ‘ribetnya’, juga karena ga punya peralatan memadai untuk menyalurkan hobi ini. Tapi jaman sekarang sih, aku rasa hal itu bukanlah problemo yang bisa menghambat hobi.

Apalagi, segala sesuatunya kini bisa didapat hanya dengan satu klik, lewat gadget favorit, dan Voila! Barang pun sampai di rumah dan siap digunakan. Haha. Ga perlu lagi deh, repot panas-panasan nyari barang yang dibutuhkan dengan keluar rumah. Lewat internet, berbelanja semudah menjetikkan jari. Coba aja deh, buka Bukalapak.

Hampir semua yang dibutuhin ada disitu. Apalagi kalo cuman buat baking. Keciiiil. Mulai dari Oven, Mikser, Loyang, Aneka jenis cetakan cookies yang lucu, sampai dengan terigu, semua ada disana. Udah buka situsnya, dan cek sendiri? Bener kan, yang aku bilang? Hahaha. Dengan buka Bukalapak berasa punya supermarket sendiri, di rumah.













Belanja tanpa makeup dan cuman pake celana pendek sambil duduk selonjoran atau nungging (di kasur) ga masyalah. Tinggal klik, klik, klik. Ga percaya? Coba aja deh.

  1. Buka situs Bukalapak
  2. Pilih barang yang diinginkan,
  3. Pilih metode pembayaran, 
  4. Konfirmasi deh, pembayaran yang tadi udah kita pilih. 
  5. Selesai, dan, tinggal tunggu barang pesanan kita sampai ke rumah. Simple, dan semua kebutuhan pun terpenuhi.



Gimana? Masih butuh apa lagi? Tinggal klik Bukalapak, dan tring! Barang yang diinginkan pun datang. Mau buat cookies, ga punya cetakan cookiesnya? Kilk. Klik. Klik. Dan cetakan cookies lucu pun sampe rumah. Apa? Udah punya cetakan cookies, ga punya Ovennya? 

Tenang, buka lagi, Bukalapak dan pilih berbagai jenis oven disana. Ada banyak jenis. Bisa pilih suka-suka. Selain banyak jenis produk dan variasi harga yang bisa kita pilih, Bukalapak juga menyediakan fitur 'termurah' dimana kita bisa memfilter produk dari harga yang paling ekonomis.

So, gimana? Masih males juga baking? Jangan khawatir, aku siap menampung orderan kue atau masakan apapun yang diinginkan. :D Finally, Let’s go to Kitchen, and Happy Cooking J



Tulisan ini diikutsertakan dalam Kompetisi Blog Inspirasi Wanita, dengan Tema
“Hobimu, Inspirasi Sekelilingmu”


Oleh HijUp dan Bukalapak

1 comment:

  1. Waa dua2nya jd tersalurkan ya mba,ikut seneng :) krn aq masak juga d rmh, sebagian suka aq tulis d blog, trus pas ada yg nanya,tinggal jawab klik disini ya, hihi..

    ReplyDelete