Search This Blog

Thursday, November 17, 2016

Nasi Bakar Ayam Jamur Teri


Wow! Udah hari Jumat aja, ya. Moms yang kerja pasti happy banget, nih, dua hari bisa kumpul sama anak tanpa harus di skip sama tugas ke kantor. Pada pengen masak apa buat manjain lidah orang serumah? Untuk sarapan pagi, kita buat Nasi Bakar aja, yuk. Dijamin pada suka, deh. Resep ini aku dapet dari blognya Mba Ummu Fatima, yang disadur dari resep Nasi Bakar ibu Fatmah Bahalwan.

Beliau ini salah satu pesohor di grup Natural Cooking Club (NCC) dan salah satu (juga) yang jadi favorit aku di dunia masak. Rasanya ga ada resep beliau yang ga enak, deh. Semua yang udah aku coba rasanya mesti juara. Kalo ga juara mah, akunya ajah bearti yang masaknya salah. Hahaha. Oke, back to resep, review aku sih, nasi bakar ini bisa jadi pilihan untuk Moms yang anaknya suka males makan nasi.

Secara, rasa nasi yang biasanya hambar jadi ada rasa gurih, mirip-mirip nasi uduk atau nasi liwet gitu jadinya. Tapi bedanya, dan yang bikin spesial, nasi ini proses masaknya juga dibakar. Hm, harumnya waktu nasi lagi dibakar itu loh, yang bikin encess. Apalagi dimaem waktu masi panas,,,dikasi tahu tempe atau terong yang dicocol sambel super pedes. Satu porsi mah, ga cukup (itu aku aja kayanya. Hahaha). Lets check the receipe ya Moms.

Bahan Nasi :
500 gr beras, cuci, tiriskan
½ sdm garam
3 lembar daun salam
2 batang sereh
600 ml santan
50 gr bawang merah, diiris tipis
1 sdt kaldu bubuk, bisa di skip ya. Santannya juga udah bikin gurih kok.
6 sdm minyak untuk menumis
Daun pisang 2-3 lembar

Bahan Isian:
150 gr daging ayam, direbus, disuir-suir
100 gr teri medan, cuci, lalu goreng kering
Jamur tiram secukupnya, cuci bersih, lalu suwir-suwir
3 buah bawang putih
Rawit merah secukupnya untuk ranjau
Daun bawang, iris kasar
Garam, Gula Pasir, Merica, secukupnya, (1sdt)
100 ml air
Minyak untuk menumis

Cara membuat Nasi:
Panaskan minyak, tumis bawang merah, lalu guyur tumisan dengan santan. Masukkan daun salam, sereh, garam dan kaldu bubuk, masak hingga mendidih. Tes rasa dan icip. Kalau kurang asin tinggal tambahin garam ya Moms. Setelah itu, masukkan beras, aduk rata hingga santan terserap oleh nasi. Kukus nasi 20 menit, lalu angkat. Nasi done!

Cara membuat isian :
Panaskan minyak, tumis semua bumbu yang sudah diiris, masukkan ayam, jamur tiram, lalu teri, aduk, beri bumbu, lalu tes rasa. Cabe rawit utuh bisa sekalian di tumis ya, buat diletakkan di dalam nasi dan jadi ranjau. Haha.

Penyelesaian :
Ambil daun pisang yang sudah dipotong dan di lap bersih, letakkan nasi yang sudah dicetak (ga dicetak dulu juga bisa sih, mencetak nasi dulu memudahkan ngelipet daunnya menurutku). Letakkan isian ayam dan ranjau, tutup lagi dengan nasi, lalu bungkus daun pisang seperti membungkus lontong. Sematkan tusuk gigi di kedua ujungnya, lalu bakar deh. Simple, kan J Selamat mencoba ya Moms. Happy cooking.




Pamulang, 18 November 2016. Ngeblog sambil ngantug ditiup angin sepoy-sepoy dari kipas. Zzzzzzzz


NB : Berhubung punya dua krucil, jadi cabenya aku pisah dan hanya dijadiin ranjau aja yah Moms. Biar anak-anak bisa ikut makan. Secara, aku bukan tipe yang rajin, yang masak mau dua tiga kali buat ngebedain masakan pedes sama ga pedes. Makanya, trik males ala aku, sih, kalo Moms doyan pedes, nasinya bisa disematin ranjau di dalamnya. Atau nyambel lagi buat cocolan biar makin maknyuss makannya. Hehehe. Peace.

No comments:

Post a Comment