Search This Blog

Thursday, November 17, 2016

Resep Nugget Ayam Homemade Roti Tawar



“Haduh. Resep Nugget. Hellowww, kemana aja buwk. Udah tau kali, resep ini.” Hahaha. Mungkin ada dari sebagian Moms yang nyinyir dan bilang gitu. Gak papa lah, ya. Aku share lagi. Biar banyak-banyakin postingan dan banyak-banyakin traffic blognya. #Gigih. Ahhahah

Suka sama resep nugget yang ini, karena praktis, tinggal blender. Bahannya juga ga neko-neko, jadi mudah diinget. Aku pertama liat resep ini di Catatan Nina. Sejak tau cara bikin nugget sendiri jadi ga pernah lagi beli nugget dengan merk kemasan yang banyak dijual di pasaran. Udah lebih murah, lebih sehat, lagi. Ya kan, Ya kan, Ya kannn #TetepGigihMaksa.

Aku bikin nugget ayam ini kalo lagi bingung ganti menu lauk maem si Kakak sama Adek. Kadang juga bikin nugget sebage alternatif pilihan kalo kedua gadisku lagi susyeh maem. Jadi maem nuggetnya ga pake nasi lagi, tapi langsung aja, digadoin pake mayonaise atau saus tomat.

Hasil jadi nugget ini, lebih lembut dibanding nugget yang dijual di pasaran ya. Tekstur nugget ga sepadat nugget bermerk, tapi begitu selesai digoreng, teksturenya memadat sendiri. Let check this out J

Bahan :
250 daging ayam yang sudah digiling / cincang
3 lembar roti tawar, buang bagian pinggirnya
100 ml susu cair
1 butir telur ayam
Gula Garam Merica
2 siung bawang putih
1 sendok makan margarine
1 atau 2 buah wortel, diparut
Keju sesukanya

Bahan Pelapis:
1 butir Telur
Tepung Panir Orange

Cara Membuat :
Rendam roti tawa dengan susu cair. Sembari menunggu roti tawar lembek, tumis bawang putih yang sudah dicincang halus dengan margarine. Masukkan tumisan bawang ke adonan roti tawar, masukkan telur, blender sebentar.

Campur adonan roti tawar yang sudah di blender dengan daging ayam cincang, masukkan wortel parut, keju parut, dan gula garam merica, lalu aduk rata. Kukus 20 sampai 30 menit.

Sebelum dikukus semua, aku biasanya ngambil sedikit adonan dan dikukus di cucing plastik kecil buat tes rasa, apa kurang asin, dan sebagainya. Kalo adonannya sedikit, ga perlu nunggu 30 menit untuk waktu pengukusan tester tadi. 10 menit juga udah mateng. Setelah dirasa pas semua, baru deh, dikukus di loyang atau pinggan tahan panas. Semakin banyak keju yang dikasih ke adonan, akan semakin gurih ya Moms. Jadi bisa dikurangi pemakaian garamnya. 

Keju juga di skip ga masalah kok. Disesuain ajah sama perlengkapan perang yang ada. Setelah dingin, potong-potong nugget sesuai selera, celupkan di kocokan telur, gulingkan ditepung panir. Done. Met nyobain resepnya ya. Simple kan, tinggal blender, aduk aduk, kukus, jadi deh. Tanpa bahan pengawet. Enyaks.



Pamulang, 17 November 2016. 3 menit lagi tanggal 18 November hehehe. 23.57

NB : Foto Nuggetnya ajah ntar diupdate yaa. Ga pernah inget buat fotoin bagian nuggetnya ajahh,,,hahhaa

3 comments: