Search This Blog

Thursday, November 3, 2016

Taman Sari Yogyakarta -Tempat Wisata Murah Meriah Penuh Sejarah-

Pulang ke kotamu
Ada setangkup haru, dalam rindu
Masih seperti dulu
Tiap sudut, menyapaku bersahabat
Penuh selaksa makna
Terhanyut aku akan nostalgi
Saat kita duduk luangkan waktu
Nikmati bersama, Suasana Jogja
(KLA Project, Yogyakarta)

Haduh, ngetik sambil dengerin lantunan lirik yang dinyanyiin Katon ini emang bikin hati berasa nyeri-nyeri miris dan gurih-gurih nyoi. Hahaha. Serasa kembali lagi ke masa-masa indah #suram juga banyak sih, tapi kalo dibandingin, of course lebih banyak indahnya. Hahaha# waktu dulu kuliah di Jogja. Empat tahun nyusurin seluk beluk kota Jogja memang ga ada habisnya.

Kota yang penuh sejuta pesona dan ngangenin. Meski udah berkali-kali nginjekin kaki di kota ini, setelah lulus tahun 2011 lalu, tetep aja Jogja selalu ngasih rasa sejuk yang sama. Rasa sejuk yang ga akan kita temuin di kota lain. Rasa sejuk yang selalu bikin kangen tiap denger kata JOGJA. Hahaha. Daripada baper, mending aku to the point aja ya, bahas inti post ini.

Tempat Pemandian Utama Putri Raja

Kali ini aku pengen ngajak kalian semua berhenti sebentar dari segala kepenatan dunia fana ini (Mati, dong! Hahaha). Engga, maksudnya, aku pengen ajak kalian semua kembali sebentar ke masa lalu. Mungkin, bagi kalian yang saat ini lagi studi, pernah studi atau setidaknya pernah mengunjungi kota ’antik’ yang memiliki makanan khas berupa Gudeg ini, udah gak asing lagi sama objek wisata Pemandian Putri Raja Taman Sari.

Tempat yang dulunya merupakan pemandian putri keraton Jogja ini ternyata menyimpan banyak sekali sejarah, yang mungkin tanpa penjelasan dari guide gak akan pernah kita tahu. Yups, waktu dulu jalan-jalan ke tempat ini, aku ditemenin sama seorang guide atau pemandu wisata yang bisa banyak ditemuin di sekitar area Taman Sari. Nama guidenya Pak Sandy.

Dari penjelasan sang guide inilah, aku bisa tau lebih banyak tentang belasan tempat bersejarah yang masih ada di kompleks kawasan Taman Sari, yang mungkin tanpa adanya arahan dari guide, bisa terlewatkan dari ketajaman mata kita. Secara, tempat ini lumayan gede dan ada tempat-tempat tersembunyi seperti ruang bawah tanah.




Bangunan yang berdiri sejak zaman pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I ini sebenarnya terletak gak jauh dari Keraton Yogyakarta. Jadi kalo kalian pergi ke Keraton, gak ada salahnya sekalian ngunjungin pemandian putri yang sama orang Bule akrab disapa Water Castle ini. Deket banget kog, dari Keraton. Sumpah! Kalian gak perlu nambahin ongkos buat ngebecak (transportasi khas Jogja) lagi karena jarak dari Keraton ke Taman Sari ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki.



Ya, kalo tetep mau nekat ngebecak, biar make up nya ga luntur buat persiapan selfie di Taman Sari, sih, monggo aja. Hahaha.Untuk tiket masuk sendiri, per orang hanya dikenakan biaya 3000 rupiah untuk wisatawan lokal, dan 7000 rupiah untuk wisman atau wisatawan mancanegara. Murah, kan? Hanya dengan goceng (masih kembali, lagi, 2000 perak) kita dah bisa jalan-jalan keliling kompleks bangunan Pemandian Putri Raja bergaya Jawa - Portugis ini sambil membayangkan peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lampau, di jaman kerajaan Sultan.



Kembali kebelakang, menengok sejarah ternyata asyik juga. Sambil jalan, dan dengerin penjelasan guide, aku seolah ngeliat dan ngebayangin kembali aktifitas yang dilakuin di masa itu.  Contohnya ni, waktu aku ngeliat area Masjid Bawah Tanah (sering banget dijadiin tempet syuting FTV di SCTV dan tempat buat poto pre wedding).



Di masjid bawah tanah tersebut, ada tuh, tempat....sejenis altar (ituloh, tempat pasangan yang merid menggunakan gaya barat). Nah, aku kira...dulu undakan itu altar yang digunain Raja atau keluarga Kerajaan ketika ada yang merid (efek nonton FTV di SCTV nih!). Habisnya, kalo dibayangin sebagai altar.... Gila’! Romantis abiss!!

Ntar pasangannya berdiri di tengah altar itu –bisa liat di photo-......trus saling ngucapin janji sehidup semati...ditambah lagi, kalo upacara pernikahannya dilaksanain diwaktu malam, dibawah langit yang penuh taburan bintang... (atap masjid ini memang langsung mengarah ke langit alias gak dipasang genteng atau tutupan apapun) Hmmm...pasti romantis banget...

But, Stop it!! Itu tentu aja hanya khayalan orang yang kebanyakan nonton Drama Korea kayak aku. Hehe. Setelah dijelasin sama guide, ternyata undakan yang mirip altar yang tadi aku ceritain itu jauhhhh banget dari bayangan awal aku. Tempat itu sebenernya adalah sejenis podium yang digunakan buat duduk sang penceramah yang ngisi ceramah waktu sholat berjemaah. Ya iyalah...tempet buat khutbah!

Orang dulunya tempat ini masjid kog.. ha.ha.ha. Doenggg...Buahahhahah. jauh ya cint, khayalannya. Hahaha. Tapi, kalo sekarang2 ini, beneran, deh! Banyak kog yang ngambil poto pre wedding di tempat itu coz, emang rada romantis gitu tempatnya. Aku kasih bocoran nihh.. Kalo emang mau poto pre wedd disini, mending dilakuin sore hari sekitar jam 4an atau pagi banget sekalian, jam 8nan...

Soalnya kalo siang, sinar matahari bikin cahayanya terang banget. Trus, podium khutbah yang aku maksud tadi juga setengahnya disinarin matahari, setengahnya lagi enggak. Jadi bikin fotonya gak perfect (liat aja poto yang gw ambil...TT). Selain ke masjid bawah tanah, aku juga diajak buat maen ke Benteng tempat pengintaian musuh kerajaan. Konon katanya, Benteng ini dibuat sejajar lurus dengan Gunung Merapi yang letaknya ada di kota Magelang. Wuiihh,,keren, ya..

Kalo tempat ini sih, gak perlu bayar juga bisa. Jalan menuju ke Benteng ini memang bisa di akses melalui (dulunya) pasar hewan Ngasem. Cukup bayar parkir dua ribu, bisa naik deh, ke atas ngeliat pemandangan Jogja dari atas Benteng.


Habis dari Benteng, maen lagi ke daerah perkampungan yang hampir semua warganya sibuk ngebatik. Asyik banget ngeliat mereka ngebatik. Ada yang bikin kain, lukisan, juga perangko. Harganya, yaahh...berkisar dari 15 ribu rupiah per perangko....sampai 2 jeti per lukisan. By the way, ngomongin soal batik, tau ga sih, kalo kata batik itu berasal dari konsonan kata ‘ba’ yang artinya membuat, dan ‘tik’ yang artinya titik. Kalo digabungin, batik tuh ternyata artinya membuat titik. So simple ya.

Selain benteng dan pemukiman warga yang aktifitasnya ngebatik, ada juga Sumur Keberuntungan. Di dalem sumur ini ada banyak banget uang koin atau uang receh. Hahaha. Mirip kayak di luar negeri ya? Bedanya kalo di luar, kita biasanya liat uang koin ini dilempar ke air mancur, kalo di Indonesia, di dalem sumur. Hahaha.



Nah, cerita lebih lengkap bisa diliat di poto2 yang dah diambil khusus buat kalian. Emang amatiran, sih.. Tapi aku harap tuh poto bisa bikin kalian sedikit ngebayangin tempat ini.

Walau kini kau t’lah tiada tak kembali
Namun kotamu hadirkan senyummu abadi
Ijinkanlah aku untuk s’lalu pulang lagi
Bila hati mulai sepi tanpa terobati
(KLA Project, Yogyakarta)



Pamulang, 3 November 2016, 14.02 WIB, nyambi ngetik ditemenin mendung yang menjuntai dari langit

No comments:

Post a Comment