Search This Blog

Monday, November 7, 2016

6 Cara Stimulasi Kecerdasan Anak


      Setelah kemaren cerita panjang lebar soal 8 Kecerdasan Anak di sini, ada baiknya kita juga tahu nih Moms, cara-cara apa aja yang bisa kita lakukan untuk menstimulasi dan memaksimalkan kecerdasan-kecerdasan tersebut. Nah, kali ini aku bagiin 6 cara dulu ya Moms. Yuk, diintip...

      Membacakan buku cerita.
Menurut Dr Thomas Amstrong, salah seorang Pakar Multiple Intellegences, kebiasaan ini sangat penting dilakukan untuk menstimulasi word smart pada anak. Moms juga perlu untuk berbicara dengan banyak kata, bahkan kata yang sulit, yang kadang kita pikir ga akan dimengerti sama anak yang notabene ada di usia baby / toddler.

“Mendengar banyak kata waktu anak masih kecil dapat berhubungan dengan kepintaran di sekolah. Meskipun mungkin anak belum mengerti dengan kata yang kita ucapkan, tapi semua kata yang keluar dari mulut orang tua dan didengar oleh anak, dapat membantu menstimulasi mereka,” ujar Dr Thomas. Untuk cara yang ini, moms bisa lihat cara membaca buku yang ideal untuk anak, disini ya Moms.

·         Biarkan anak mencoba berbagai jenis alat musik.
Jangan ragu untuk memberikan anak berbagai jenis alat musik yang berbeda. Dalam workshop singkatnya, Dr Thomas memberikan contoh seorang pemain biola terkenal, Joshua Bell. “Waktu kecil ibu Joshua Bell melihat anaknya bermain dengan karet yang diikat pada dawai. Saat itu, sang Ibu melihat jika Joshua bisa membentuk suara / nada-nada berbeda dari petikan karet tersebut. Siapa yang menyangka jika alat musik sederhana yang dimainkan Joshua kecil sekarang bisa membuatnya memainkan sebuah biola yang luar biasa mahal seharga 3 juta dolar?”

·         Ajak anak bermain di luar ruang.
Salah satu kegiatan bermain di luar ruang ini adalah main masak-masakan. Siapa sih, yang di masa kecilnya ga pernah melakukan permainan ini? Hahaha. Jangan salah, meski terkesan sederhana, main masak-masakan juga merupakan salah satu kesempatan anak untuk bisa berinteraksi dengan orang lain. Hal tersebut bisa merangsang cara  anak untuk mengembangkan kemampuan berinteraksi sosial dengan baik.

·         Beri kesempatan untuk berimajinasi.
Jangan lupa juga untuk memberikan anak kesempatan untuk berimajinasi. Kesempatan berimajinasi ini dikatakan Dr Thomas dapat membantu anak mengatur emosi mereka nantinya.

·         Beri berbagai mainan yang dapat menstimulus number smart.
Lantas bagaimana cara menstimulasi number smart pada anak? Jawabannya bukan dengan ngasih mereka soal matematik ya Moms. Hahaha. Kalo soal Matematik sih, eikeh juga nyerah. Wkwkwk.
Dr Thomas menyarankan untuk memberi anak mainan seperti mainan balok, kubus, atau timbangan yang berbahan dasar kayu, agar anak bisa belajar mengenai keseimbangan. Ga hanya itu, mainan-mainan balok ini juga bisa membantu anak belajar berhitung dan eksplorasi pengetahuan numberik mereka.





·         Beri ruang bagi anak untuk melakukan berbagai gerakan fisik.
Lagi-lagi Dr Thomas mencontohkan permainan balok kayu. Menurut Dr Thomas,  balok merupakan alat yang bermanfaat untuk bisa menstimulasi berbagai jenis kepintaran. Selain bermain balok kayu, bermain sepeda bisa menjadi salah satu alternatif bagi anak untuk melatih body smartnya.





Pamulang, 8 November 2016. Iseng ngeblog setelah sepagian berkutat di dapur.



NB : Bagi Moms yang tertarik order atau tanya-tanya tentang mainan edukasi yang aku post gambarnya di blog ini bisa hubungi FB Sofia Kiki Emilialita ya J Tenang, Moms. Mainan edukasi seperti balok kayu ini aman, kog dijadikan salah satu alat untuk menstimulus kecerdasan anak karena terbuat dari kayu pilihan dan cat yang aman bagi si kecil. So tunggu apalagi? Just visit the FB..

No comments:

Post a Comment