Search This Blog

Wednesday, November 2, 2016

Komunitas One Day One Juz


Wandey wanjus? Apaan tuh? Merk mobil terbaru? Ato nama minuman ringan yang lagi populer? Hahaha. No! One Day One Juz ato yang akrab disingkat ODOJ sama anggota Komunitasnya, merupakan program atau metodologi membaca Al-qur’an sebanyak satu Juz dalam satu hari.

Satu Juz, dalam satu hari? Serius? Iya. Satu Juz, satu hari. Susah? Awalnya sih, jujur aja, iya, susah banget. Kayaknya ngos-ngosan, dan berasa dikejar-kejar, untuk bisa tilawah atau ngaji satu juz dalam satu hari. Tapi seiring waktu (jiah, seiring waktu. Haha), makin lama, makin biasa, jadi ga berasa. Iya, hal yang tadinya dirasa berat dan ga mungkin, lama-lama jadi terasa ringan.


Bahkan, diluar sana, banyak yang ikut gabung One Day Two Juz, bahkan lebih! Iya, lebih dari dua juz dalam sehari. Aku sendiri gabung komunitas ODOJ ini belum bisa dibilang lama. Awalnya sih, liat DP temen, trus iseng-iseng aku tanya gimana cara daftar. Alhamdulillah sampai hari ini tergabung dalam Grup ODOJ 1629.

Dan ilmunya, jangan ditanya, masih seserpihan debu. Kalo kata anak gaol sekarang “Aku mah da apa, atuh. Ga ada apa-apanya dibanding sama Mbakusay –Mbakusay sholcant (Sholihah dan Cantik hahaha) yang udah duluan gabung. Apalagi yang kholas (selesai) Juznya udah nomor 1 atau awaaall dari tenggat waktu yang udah ditentukan.

Kalo di grup aku, waktu untuk ngaji sampai tenggat waktu kholas, mulai dari jam 18.00 – 18.00. Lirik jam di pojok kanan laptop, udah nunjukin jam 16.44. Bearti sebentar lagi udah tenggat waktu untuk lapor kholas dong. Apa? Aku udah kholas belum? Oh,,,tentu saja belum! Hahaha (Tutup muka pake tutup panci).

Kebiasaan aku, sih, biasanya ngaji nuntasin Juz habis Maghrib. Baru deh lapor. Kalo ga kelar, gimana tuh? Alhamdulillah kita bisa minta waktu atau istilahnya ekstra time sama PJH atau Admin yang ada dalam grup.

Lapornya lewat mana? Jadi gini, kita komunikasi selama ini lewat aplikasi WhatsAp. Disitu kita semua, para ODOJers yang jumlahnya 30 orang bisa berbagi semua hal, mulai dari laporan kholas, nasihat menasihati tentang kebaikan, saling mendoakan di kala ada yang lagi susah / sakit, curhat masalah anak, sampai dengan share soal resep atau menu masakan hari ini.

Hahaha. Kan ga pernah ketemu tuh, apa iya bisa nyambung? Bisa-bisa aja. Malah di grup ini, kita udah berasa kayak saudara, yang walo ga pernah ketemu tapi ukhuwahnya (ehem ehem, ngomong ukhuwah berasa jadi ukhti-uhkti #benerin jilbab yang miring#) kental. Hahaha. Jangan dibayangkan aku perempuan yang bener-bener islami ya. Masih jauhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh banget, dari Islami dan sholihah.

Entahlah, motivasiku ikut grup ini bukannya biar terlihat islami, sih. Tapi pengen nyeimbangan aja antara urusan dunia dan akhirat. Sering, banget, aku ngerasa kalo hidupku diisi sama rutinitas duniawi aja. Nyari duit mulu, kalo bahasa kasarnya. Dari melek sampe merem lagi, yang ada dipikiran cuman urusan duniawi. Ngerjain urusan akhirat juga sih, kayak sholat, puasa, dsb. Tapi kalo diitung-itung, seberapa banyak, waktu yang aku gunain buat sholat?

Ya ampun, sholat paling 10 menit selesai. Dengan berdoa tarohlah 15 menit. Kalo doanya panjang bisa  sih, 30 menit. Tapi selama 5 waktu itu ga semua dipakai berdoa yang panjang. Sisanya? Astagfirullahaldzim. Bahkan sampe sekarang kalo aku inget-inget, waktuku lebih banyak terbuang percuma dengan mikirin duniawi. Padahal akhir dari hidup ini apa, coba? Untuk mati. Ya, sesimple itu. Aku hidup bukan buat hidup, tapi buat mati.

Karena ujungnya nanti yang dilihat Allah dan ditimbang di timbangan amal, bukan berapa tingkat rumah yang aku punya, berapa kilo emas yang aku kumpulin, berapa tinggi anak-anakku sekolah, tapi berapa banyak waktu yang udah aku habisin untuk beramal sholih dan ngerjain semua perintahnya. So clise, emang. Tapi hey! It’s TRUE, right? Yang dilihat nanti adalah seberapa banyaknya timbangan amal kebaikan yan udah kita lakuin. Bukan embel-embel list kekayaan yang kita punya waktu di dunia.



Iam Proud being a part of this Community. And with a pleasure, I’ll say; Yes! Iam one of ODOJers! Kalimat aku barusan terlihat riya? Hm, tergantung dari sisi mana kamu ngeliatnya. Kalo yang liatnya positif sih, aku bakal jawab, kayak yang aku bilang di atas, niat aku gabung di komunitas ODOJ, ga lebih ga kurang, untuk nyeimbangin pemakaian waktu antara urusan duniawi sama urusan akhirat.

Kalo yang komentarnya negatif dan nyinyir “Baru ngaji sejuz sehari aja, bangga!”, aku bakalan jawab dengan senyum, “Hayo, kamu kesini, gabung sama Grup kita. Dijamin bakalan ketagihan. Hahaha” Oh, iya, yang mau ikutan gabung jadi ODOJers, bisa buka situs ini. atau buka fanpage Facebook One Day One Juz, atau Twitter @onedayonejuz.

Ga terbatas lokasi. Dimanapun kamu, bisa aja, gabung. Teruus, tanggal 5 - 13November 2016 ini ODOJ Community juga bakalan ngadain Olimpiade Pecinta Qur’an (OPQ) di Islamic Center Bekasi. Dateng yaaa. acaranya seru-seru, dan banyak Talshow dengan tema yang keren abis.



Pamulang, 2 November 2016, 17.00 WIB “Istiqomah itu harus dipaksa, biar terbiasa”








No comments:

Post a Comment