Search This Blog

Sunday, December 4, 2016

Ketan Kinca' Durian



Ketan Kinca Durian
Ga terasa, udah bulan Desember ajah yah Moms. Padahal kayaknya baru kemaren, nikmatin tahun baru bareng temen ato bareng keluarga. Sukak banget deh, sama Desember. Selain karena cuaca berubah jadi dingin-dingin syahdu gimana gitu (secara,,,sepanjang hari ditemenin gerimis), Desember juga merupakan waktunya buah kesukaan aku bertebaran dimana-mana. hahaha. Yuppp! Dureeen!

Beuhhh paling doyan banget deh, sama buah yang satu ini. Apalagi kalo mudik ke Bangka pas musim duren. Haduh, say God Bye sama yang namanya diet. Apalagi serumah bisa dibilang pecinta Duren. Jadi kalo beli, langsung brekkk banyakkkk. Bisa sekarung. Hahaha. Makannya juga bisa sepuasnya. Dari semua jenis Duren sih, favorite aku Duren yang buahnya kecil, dagingnya manis, warnanya putih dan benyek. Hahaha. Pasti ada diantara Moms yang kurang suka yak, jenis buah Duren yang begini.

Emang sih, kebanyakan orang milih Duren yang buahnya besar, dagingnya tebel, warnanya kekuningan dan ga benyek. Yah, jenis-jenis Duren Montong gitu deh. Tapi ga tau kenapa, aku malah kurang begitu suka jenis Duren yang gitu. Yaa, kalo ada sih, Hajar Blehh. Tapi kalo disuru milih, pilihan aku tetep si Duren Kecil. Hahaha. Ngotot.

Beda dengan di Bangka, kalo lagi di rumah Pamulang, Tangerang Selatan, aku beli Duren ga pernah banyak-banyak. Selain ngirit (bhuahahhaha. Jujur), kalo beli Duren banyak-banyak disini kayaknya kurang seru. Yang maem paling cuman aku sama Papanya anak-anak. Kaleela- Khansa kayaknya belom keliatan doyan sama buah musiman yang satu ini. Kalo maem cuman bedua sih rasanya kurang greget. Ga ada aksi saling sikut karena pengen cepet-cepetan ngambil Duren lagi,,dan lagi.

Jadi kalo dirumah sini maemnya dalam diam dan sunyi senyap. Hahaha. Ga asyik. Coba kalo di rumah Bangka’, beuh, belom bersih bijinya, udah nyomot lagi yang laen. Pesaingnya banyak. Jadi maemnya semangattttt. Hahaha. Nah, berhubung beli Durennya ga gitu banyak, paling banter 2-3 biji kalo disini, jadi biasanya Durennya aku olah jadi cemilan enak. 

Apalagi, kalo bukan Ketan Kinca’ Duren? Hmm, Moms ada yang mau nyoba? Yuks ah, langsung turun ke dapur, dan capcuss eksekusi. Resep asli aku dapet dari Blogwalking ke Dapur Ipoek ya. Udah pasti mudah deh, bikinnya. Resep dibawah udah aku modifikasi sesuai selera aku. Check this out:

Bahan Ketan :
250 gr beras ketan, (aku rendam semalaman ditinggal tidur)
Santan 250 ml
Garam

Cara Membuat :
Kukus beras ketan 15 menit. Sambil menunggu beras ketan di kukusan, Moms bisa didihkan santan yang sudah ditabur garam secukupnya. Setelah itu, angkat beras ketan di kukusan dan tuang ke dalam santan. Masak hingga santan terserap habis oleh beras ketan. Kukus kembali hingga matang atau kira-kira 30 menit.

Bahan Kuah Kinca’:
400 ml santan
3 sdm tepung maizena larutkan dengan 100 ml air
125 - 150 gr gula merah
75-100 gr gula pasir
7-8 bj mata durian

Cara Membuat :
Rebus santan yang sudah dicampur dengan gula merah dan gula pasir. Aduk rata hingga santan panas dan gula larut. Masukkan larutan tepung Maizena dan durian. Aduk terus hingga meletup-letup dan sebagian daging durian terpisah dari bijinya.

Penyelesaian :
Cetak ketan sesuai selera, siram dengan kuah Kinca’. Hm, enakkk deh. Aku aja pas lagi maem Ketan Kinca’nya sempet-sempetnya ngomong “Ini ketan enak bangettt,,sihhh,” terus begitu ketan di piring udah habis, ngebatin lagi “Udah deh, eneg juga makan Ketan Kinca’ banyak-banyak,”. 



Tentu aja pikiran eneg tadi cuman sesaat. Beberapa jam selanjutnya begitu perut mulai kosong dan liat Ketan Kinca masih ada, langsung ambil piring, terus dengan khilaf ngabisin seporsi Kinca’ lagi. Hahaha. Begitulah aku, emak dua anak yang masih labil. Wkwkwkwk. Happy Cooking, Moms.


Pamulang, 5 Desember 2016. Masih ngetik ditemenin hujan dan lantunan lagu tahun 90an di Delta FM 

No comments:

Post a Comment